7 Alasan Kenapa Paket Pemotretan Dengan Foto Album itu Penting

Jika anda adalah seorang fotografer tentu anda sering bertanya-tanya apakah keberadaan album foto dalam bentuk cetak masih reliable di masa sekarang?

Tidak bisa dipungkiri bahwa di jaman digital seperti sekarang keberadaan social media seperti Facebook dan Instagram memegang peranan yang sangat penting khususnya di dalam dunia fotografi hingga banyak fotografer yang sengaja memasang portfolio mereka di kedua social media tersebut.

Hal ini tentu memudahkan para calon klien untuk memahami style dan idealisme sang fotografer sebelum keduanya saling cocok dan pada akhirnya sebuah deal bisnis terjadi.

Sebagai seorang fotografer saya pun pernah menjualkan karya-karya saya baik dengan foto album atau bahkan sekedar mengirimkan filenya saja, karena itu di dalam artikel kali ini ijinkan saya berbagi pengalaman tentang hal ini.

 

Paket Pemotretan Dengan Foto Album

Jika anda berbicara tentang dunia fotografi maka saya termasuk salah seorang yang akhirnya meyakini bahwa foto tidaklah akan menjadi sebuah karya seni sampai foto tersebut dicetak di dalam sebuah kertas atau media cetak lainnya. Dengan cara mencetak karya-karya anda di sebuah media maka anda sesungguhnya sedang membuat legacy bagi perusahaan anda dan juga membantu klien untuk menikmati setiap karya-karya anda dengan lebih baik.

Coba perhatikan kedua foto di bawah ini,

foto album terbaik di indonesia
foto saya dalam bentuk file
Foto Album Pernikahan
foto saya setelah dicetak di sebuah kertas core board oleh Susan Pro

Ini adalah foto ketika saya memotret sebuah persiapan pernikahan untuk klien saya yang bernama Adi dan Ika di Surakarta, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Sebagai sosok yang memotret acara tersebut maka saya akan bilang bahwa karya saya bagus tapi apakah demikian dengan klien saya? hmm…belum tentu!

Lalu adakah cara agar si klien bisa melihat karya ini jauh lebih detil dan lebih bermakna?

Tentu saja bisa, dan salah satu caranya adalah dengan mencetak karya tersebut di sebuah kertas foto terbaik yang kebetulan saat ini saya menggunakan produk dari Susan Pro. Kertas bagian luar atau core boardnya cukup tebal dan memiliki tekstur yang sangat jelas ketika diraba selain itu saya diarahkan untuk menggunakan fancy raster paper untuk media cetak dari karya saya dan hal tersebut diakhiri dengan potongan miring 45 derajad pada core board sehingga membuat presentasi karya saya jadi lebih baik.

 

Kenapa Saya Lebih Suka Memasukkan Foto Album ke Dalam Paket Pemotretan?

Di dalam dunia wedding saya memfokuskan layanan saya untuk kategori destination wedding dimana hal itu membuat proses pemotretan yang saya lakukan bersifat cross country, seperti yang saya lakukan untuk klien yang merupakan pasangan berkewarganegaraan Singapura, Denise dan Joel dimana pada waktu itu pemotretan pre weddingnya dilakukan di Maldives. Bisa saya simpulkan bahwa kategori klien-klien di luar negeri itu masih sangat memperhatikan pada hasil akhir sebuah pemotretan dimana adanya foto album bahkan sampai cetakan foto dalam ukuran besar masih menjadi perhatian bagi mereka dan keluarganya.

Berikut ini adalah 3 (tiga) alasan kenapa saya masih memasukkan foto album ke dalam paket pemotretan yang saya miliki:

  1. Para klien internasional masih sangat mementingkan keberadaan album foto bagi mereka dan keluarganya, bahkan sering meminta tambahan cetakan foto dan album untuk teman dan para tamu undangan sebagai souvenir
  2. Foto album membuat saya bisa menampilkan karya dengan lebih optimal sekaligus memperlihatkan logo studio saya dengan lebih baik
  3. Keberadaan foto album dan apparel-nya jelas mendatangkan keuntungan baik secara finansial dan brand awareness terhadap studio saya

Di bawah ini adalah hasil akhir foto album pre wedding yang saya kirim ke Singapura beberapa waktu lalu,

 

7 Alasan Kenapa Paket Pemotretan Dengan Foto Album itu Penting

Bagi anda semua para fotografer pernikahan maupun freelancer yang sedang merintis usaha fotografi pada tahun-tahun pertama, ijinkan saya untuk berbagi tentang 7 alasan kenapa foto album itu penting:

  1. Karya anda akan tampil lebih elegan, sebuah foto mutlak akan lebih elegan jika ditampilkan dalam media cetak dan hal ini jelas akan membuat foto-foto anda tampil lebih maksimal di depan klien dan relasinya.
  2. Terdapat potensi finansial tidak terbatas, di studio saya sering mendapatkan Up Sell dari paket pemotretan dimana wujudnya berupa tambahan album, cetakan foto, hingga cetak perbesar dan jika anda mempertimbangkan hal ini maka ini adalah potensi finansial yang besar untuk pemasukan studio anda ke depannya.
  3. Sensasi menikmati karya yang menarik, jika foto hanya dalam bentuk file maka klien hanya akan akan scroll atau geser kiri dan kanan di dalam tablet atau smartphone, tapi dengan dicetak maka klien akan membuka satu per satu halaman, menyentuh kertasnya, dan merasakan betul momen yang terjadi pada foto tersebut. Hal ini terlihat sederhana tapi ini akan membuat ikatan emosi yang kuat antara anda dengan klien.
  4. Klien kelas atas sangat memperhatikan foto album, hal ini memang tergantu dimana anda ‘bermain’ tapi saya bisa simpulkan bahwa para klien kelas atas atau disebut dengan high-profile client adalah mereka-mereka yang punya taste berbeda sehingga keberadaan foto album dan cetakan-cetakan lainnya sangat berarti buat mereka. Mereka adalah orang yang ingin menikmati foto-foto pernikahannya tidak hanya 1 bulan paska acara tapi bisa sampai 10, 20, bahkan 50 tahun usia pernikahan mereka
  5. Anda menorehkan legacy anda di setiap albumlegacy yang saya maksud di sini adalah bentuk akhir dari karya-karya anda dimana tidak mudah untuk membuat karya foto seperti yang anda hasilkan selama ini untuk klien. Di dalam foto album maka anda akan menorehkan style anda yang jelas akan membedakan diri anda dengan fotografer yang lainnya
  6. Anda sedang mem-branding bisnis anda, dengan adanya foto album dalam bentuk cetak, secara tidak sadar anda sedang mem-branding perusahaan atau studio anda, di foto album inilah logo studio akan terpampang atau mungkin tanda tangan anda secara pribadi di bagian belakang album sebagai bentuk authority anda pada karya anda
  7. Wujud perhatian anda kepada klien, dengan melakukan proses cetak anda berarti memperhatikan masa depan klien anda, mereka memang bisa saja request pemotretan tanpa album tapi ada klien yang tidak paham bahwa hal itu hanya membuat mereka berhemat beberapa juta rupiah tapi sesungguhnya kerugian terbesar ada pada mereka yang tidak bisa melihat kenangan pernikahan lagi paska acara selesai.

 

Saran Pembuatan Album

Selama 5 tahun terakhir saya fokus ke pelayanan klien internasional maka saya melakukan pembuatan album di Susan Pro, mereka punya 2 kantor di Semarang dan Jakarta dan sekalipun proses produksi dilakukan di 2 kota tersebut para customer care-nya sangat kooperatif dimana album saya rata-rata selesai dalam waktu kuran dari 2 minggu. Di Susan anda bisa meng-custom album sedemikian rupa sehingga mulai dari kertas, kalkir pembatas, premium packaging (ini penting sekali) dan juga metode pencantuman logo bisa dilakukan menyesuaikan dengan idealisme dan style anda sebagai fotografer.

Berikut ini adalah informasi ketika anda mau menghubungi bagian sales untuk meminta informasi lebih lanjut atau melihat sample album dan material terbaik untuk pembuatan foto album pernikahan yang akan dan pesan

  • Jakarta – Jalan Tanjung Duren Raya No. 103A Lt 3 Jakarta Barat | 0888 0390 6009 (ferry) atau 021 – 29200612
  • Semarang – Kawasan Industri Candi Gatot Subroto Blok 27 No. 8 Ngaliyan Semarang Jawa Tengah 50181 | 0888 6464 998 atau 024 – 764 30751

Add a Comment

Your email address will not be published.