Cara Memulai Hobi Fotografi dari Rumah

Mengisi waktu luang dengan melakukan hobi fotografi di masa pandemik seperti sekarang bisa dibilang adalah sebuah pilihan yang tepat, terlebih lagi di saat seperti sekarang ini aktifitas kita akan lebih banyak di area sekitar rumah. Halo selamat pagi, siang, sore, dan malam teman-teman pecinta fotografi dan selamat datang di blog Susan, ketika minggu lalu saya sempat menulis tentang pembuatan custom USB box maka kali ini saya akan memandu anda semua untuk bisa memulai menekuni hobi fotografi alias motret-memotret mulai dari rumah anda masing-masing.

Pertanyaan paling mendasar yang kerap saya dengar adalah,

Apakah Bisa Memulai Hobi Fotografi Dengan Smartphone?

Pernah terbesit pertanyaan seperti ini di dalam pikiran anda masing-masing? jika jawabannya adalah “YA” maka ijinkan saya menjawab pertanyaan ini dengan singkat.

Anda bisa pakai alat APAPUN untuk memulai hobi fotografi sekarang juga!

Tahukah anda bahwa banyak orang memulai hobi fotografi hanya dengan bermodalkan smartphone? kalau memang yang ada di depan anda adalah smartphone maka cobalah untuk memanfaatkan alat tersebut dan menciptakan karya-karya menarik. Beberapa orang yang sudah memiliki peralatan seperti kamera mirrorless maupun DSLR tentu akan menggunakan alat-alat tersebut tapi saya pastikan ini bukanlah kendala karena smartphone sekelas entry level seperti Xiaomi dan Samsung-pun sudah bisa digunakan untuk menciptakan karya-karya menarik.

Saya berikan contoh beberapa foto yang berhasil saya ambil dengan menggunakan smartphone Samsung Galaxy A10s seharga 1,7 juta-an yang merupakan generasi entry level atau dengan kata lain adalah handphone murahan.

Terlihat menarik ya? tapi tahukah anda dimanakah saya menemukan kaktus dengan warna se-hijau ini?

Ini semua kaktus tetangga!

Ya…saya bahkan hanya perlu berjalan ke samping rumah tempat dimana tetangga menanam kaktus-kaktus segar ini di dalam pot-pot bekas kaleng cat, semua dilakukan dengan sangat sederhana dan cepat sekaligus menggunakan peralatan yang saat ini semua orang bisa dikatakan punya yaitu smartphone.

Adakah Tips Dasar Yang Perlu Diketahui?

Tips dasar akan selalu ada dan saya akan jelaskan di dalam chapter ini tapi 1 hal yang perlu anda ingat adalah kunci dari menekuni hobi fotografi dan semua yang terkait dengan seni adalah KREATIVITAS, jangan khawatir ini tidak sulit tapi tinggal perkara mau atau tidak. Jika anda merasa baru di dalam hal ini maka ijinkan saya memandu anda dengan beberapa tips sederhana.

1 – Lakukan Komposisi “Asal” Yang Sekiranya Anda Suka

Motret sajalah, tidak perlu pikirkan baik dan buruk terkait hasilnya karena yang paling penting di waktu awal ini adalah anda menikmati apa yang anda lakukan. Jeprat-jepret asal? Ya kenapa tidak karena inilah proses penciptaan dari sebuah karya-karya keren anda dikemudian hari. Sebagai tahapan awal maka cobalah beragam komposisi dasar yaitu landscape atau posisi smartphone horisontal dan juga portrait dimana anda akan memposisikan smartphone anda secara vertikal.

Pada contoh di atas saya sengaja memotret dengan komposisi vertikal.

2 – Berikan Blank Space di Kanan dan Kiri

Teori dasar yang kedua adalah coba berikan area kosong atau blank space di bagian kanan dan kiri objek utama anda (lihat foto nomer 1 dan 3) dimana tanaman kaktus berada di tengah sedangkan saya memberikan area kosong di kanan dan kiri. Sekarang cobalah pada objek yang lain misalnya makanan, cobalah memotret tempe goreng atau ikan goreng yang ada di meja makan dan lakukan dengan cara yang sama yaitu berikan area kosong di kanan dan kiri objek utama.

3 – Berikan Blank Space di Bagian Atas

Di foto kedua saya sengaja memotret dengan komposisi yang sangat rapat alias bagian kanan, kiri, dan bawah dipotong dengan sangat presisi. Kalau di tips sebelumnya area kosong ada di kanan dan kiri maka kali ini area kosong tersebut hanya ada di bagian atas, ada sih bentuk daun nyempil yang saya sendiri juga tidak menyadari tapi tenang saja karena hal itu bukan masalah yang serius.

Nah sekarang cobalah untuk objek lainnya yang ada di sekitar rumah misalnya adalah batu, rumput, maupun bumbu-bumbu dapur yang biasa anda jadikan sebagai bahan masakan.

Ingin Bisa Merasakan Sensasi Karya Anda Lebih Sempurna?

Dunia potret-memotret memang tidak bisa dipisahkan dari dunia cetak-mencetak karya karena sekalipun Facebook dan Instagram ada untuk sekedar pamer karya anda secara digital yang diakhiri dengan mendapatkan like, comment, dan share tapi semua itu bisa dibilang semu. Anda juga bisa membuat platform gallery photo online melalui MOG. Anda akan benar-benar bisa menikmati karya tersebut hanya dengan satu cara yaitu MENCETAK-NYA. Tidak perlu banyak tapi coba pilih 10 foto terbaik anda untuk dicetak dalam ukuran kecil seperti kartu pos.

Yuk saya tunjukkan beberapa hasilnya sebagai berikut:

Coba lakukan hal seperti ini, mencetak foto-foto anda yang telah lalu bahkan bisa mengembalikan kenangan-kenangan indah bersama orang terkasih. Tim Susan Photo Album akan dengan senang hati melayani anda semua untuk mengembalikan memori indah dan menampilkan karya-karya yang sudah anda hasilkan dari menekuni hobi fotografi ini.

Jika anda ingin membuat cetakan foto seperti gambar di atas maka silahkan menghubungi:

  • 088806555579 (INDRA)

Add a Comment

Your email address will not be published.